02 May 2018 04:39:57

Kegiatan Pemilihan Dosen Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah Vii Tahun 2018

Dosen berprestasi adalah dosen yang dalam lima tahun terakhir memiliki prestasi yang sangat bermanfaat dan dapat dibanggakan Perguruan Tinggi asal, serta diakui pada tingkat nasional atau internasional. Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 51 Ayat (1) Butir b, bahwa dosen berhak mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kinerja akademiknya. Pemilihan Dosen Berprestasi merupakan salah satu sistem penghargaan yang terkait dengan aspirasi dan motivasi di kalangan dosen ini diharapkan menjadi salah satu cara dalam pengembangan manajemen akademik di masing-masing Perguruan Tinggi.

Peserta Pemilihan Dosen Berprestasi adalah perwakilan dosen yang telah lolos tahap seleksi internal di masing-masing Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah VII. Jumlah peserta adalah 37 (tiga puluh tujuh) dosen yang terdiri dari 20 (dua puluh) dosen dengan bidang sains teknologi dan 17 (tujuh belas) dosen dengan bidang sosial humaniora.

Kegiatan Pemilihan Dosen Berprestasi Tahun 2018 dilaksanakan di Grand Cakra Hotel Blimbing Malang selama 3 (tiga) hari yaitu pada tanggal 15 – 17 April 2018.

Kegiatan Pemilihan Dosen Berprestasi Tahun 2018 bertujuan untuk memberi pengakuan kepada dosen yang secara nyata bagi dosen yang telah melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi yang hasilnya dapat dibanggakan dan sangat bermanfaaat bagi kemajuan kualitas akademik dan kelembagaan.

Rangkaian Kegiatan Pemilihan Dosen Berprestasi Tahun 2018 Tingkat Kopertis Wilayah VII adalah acara dibuka oleh Bpk. Dr. Widyo Winarso, M.Pd. selaku Sekretaris Pelaksana Kopertis Wil. VII kemudian dilanjutkan dengan acara seleksi. Peserta dibagi menjadi 2 (dua) kelompok bidang yaitu, bidang sains teknologi yang dalam hal ini sebagai juri adalah Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Noor Harini, M.S., dan Prof. Dr. Ir. Achmadi Susilo, M.S. Sedangkan untuk juri pada bidang sosial humaniora adalah Prof. Dr. Dra. Tatik Suryani, P.Si., M.M., Dr. Nur Fadjrih Asyik, S.E., M.Si., Ak., CA., dan Prof. Dr. Ishommudin, M.Si. Selanjutnya, setelah proses seleksi di tingkat Kopertis Wilayah VII pemenang tiga besar pada masing-masing bidang akan mengikuti seleksi tingkat nasional. Acara terkahir ditutup oleh Bpk. Dr. Sulaksono, M.H. selaku Kepala Bagian Umum Kopertis Wil. VII.